Senin, 28 November 2011

Apa Sih susahnya minta maaf...!!


Minta maaf or memaafkan sepertinya gak akan buat harga diri kita berkurang atau hilang... Bukan pula berarti kita ingin menunjukkan bahwa kita bersalah, bukan begitu... Meminta maaf bukanlah suatu  aib, karena kita takkan dipandang sebagai seorang lemah dan tidak berkepribadian, akan tetapi sebaliknya….mungkin kita akan dianggap sebagai seseorang yang berjiwa besar….
kesadaran yang agak terlambat mungkin.. tapi gak ada salah nya dicoba..

Kesalahpahaman terkadang bisa  buat suatu hubungan bubar..seperti tak ada celah untuk saling mengerti apalagi memaafkan..
Mendiamkan persaan bersalah gak akan buat masalah selesai,  yang terbentuk malah keadaan yang tidak nyaman di hati kita…..

   " Hidup dalam perasaan bersalah ternyata gak buat kita merasa lebih baik !!"

Selain  harus ikhlas memaafkan.. juga harus berani minta maaf kan!!
karna kita bukan makhluk yang sempurna..

    Apa susahnya sih minta maaf ?  Maksudku, ketika kita sengaja atau tidak sengaja melakukan suatu kesalahan, apa susahnya sih mengucapkan kata maaf ?

    Memang sih kata maaf itu tidak akan merubah keadaan. Yang sudah terjadi pasti nggak akan bisa dirubah. Tapi paling nggak, orang yang kita rugikan akibat tindakan kita pastinya akan merasa lebih baik setelah kita meminta maaf ...... betul kan ?

Sebenarnya, mudah minta maaf apa memaafkan ??

       Menurutku  yang penting adalah hatinya. Hati yang digunakan untuk meminta maaf dan memberi maaf. Tulus dan ikhlas. Bukan basa-basi yang benar-benar basi, atau hanya sekedar dimulut saja….
      Terkadang orang yang susah minta maaf, terkesan sombong. Tidak mau merendahkan hati….. Orang yang tidak mau memaafkan apalagi. Lebih parah sombongnya kan? Tuhan saja mau mengampuni kok, kita manusia, hambaNya sulit memaafkan….

Hmm…maaf diucapkan bukan sekedar menyelesaikan masalah,. Maaf diucapkan saat hati kita benar-benar merasa bersalah, dengan tulus menyelesaikan masalah yang ada…..

   Tetapi diluar susah atau mudah, yang pasti kata maaf itu perlu. “Maafkan aku” dan “Aku memaafkanmu” dalam hubungan apa saja. Keluarga, persahabatan, pertemanan, atau  hubungan-hubungan yang lain….


Semoga kita semua menjadi orang yang mampu minta maaf dan memberi maaf…..Wallahu ‘alam.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Populer