Selasa, 29 November 2011

Istirahat...!!


Seseorang pernah bilang…..”Bekerjalah seolah kau hidup selamanya,….. dan beribadalah seolah kau akan mati besok “ Dan sepertinya aku sudah demikian termakan kalimat pertama tanpa memahami kalimat berikutnya.
Aku begitu terobsesi untuk ‘berjalan lebih cepat’, bahkan kalau perlu berlari cepat. Bisa dibayangkan kan.. sudah berlari, harus cepat pula. Untuk seseorang yang notabene terbiasa berjalan santai (pelan), tentunya hal ini cukup mengagetkan. Perlu effort yang besar untuk menyesuaikan…….
Seperti orang pada umumnya, meskipun tidak bisa dibilang muda lagi, tetapi aku masih membutuhkan adaptasi dan pembenahan disana sini. Pada saat mengetahui bahwa aku mengalami  krisis kepercayaan diri untuk ‘menaklukkan’ hidup,  keinginan untuk membangkitkan kepercayaan diri tentu menjadi obsesi prioritasku ….
Menurutku, seseorang akan percaya diri apabila dia mengetahui banyak hal. Meskipun tidak sepenuhnya dari satu hal tertentu, paling tidak dengan banyak tau, akan memudahkan untuk berinteraksi dengan orang lain. Banyak hal yang bisa dibicarakan, tidak akan mati gaya, yang pada akhirnya akan membuat lebih percaya diri. Untuk itu aku sering ‘memaksa’ diri untuk suka membaca, meskipun sesungguhnya tidak begitu suka membaca. Dan ternyata perlu waktu dan kesabaran yang ekstra…..
Semenjak mengalami keterpurukan sekitar dua tahun yang lalu, yang mengakibatkan segalanya menjadi ’amburadul’, banyak hal yang membuat saya semakin menyadari sesuatu. …
Dari perbincangan dengan salah seorang sahabat yang juga seorang pemuka agama, akhirnya saya menyadari bahwa yang dibutuhkan ke-SABAR-an & ke-IKHLAS-an untuk memperoleh kehidupan yang lebih berkualitas…
Selama ini mungkin aku kurang bersyukur atas nikmat yang telah diberikanNya, sampai harus diingatkan untuk lebih bersyukur melalui  keadaan dan situasi yang ‘rumit’.
Seperti yang dikatakan sahabatku  itu, keadaan ini hanya sebuah isyarat….. Isyarat bahwa ada yang harus diperlambat atau dipercepat. Aku jadi ingat bahwa, untuk  menginginkan sesuatu atau mencapai kehidupan yang berkualitas semua harus berjalan sesuai ‘ritme’nya. Saya sendiri belum tau persis hikmah dari cobaan ini apa, tapi saya yakin pasti ada banyak hal yang bisa saya ambil…..   
Untuk sementara yang aku pahami,… aku memang harus terpelanting untuk bisa melambung tinggi, sama halnya dengan bola bekel yang harus dibanting keras agar bisa melambung tinggi. aku harus mundur sejenak untuk kemudian melesat jauh kedepan, sama halnya dengan batu dalam ketapel, harus ditarik mundur untuk bisa melesat jauh kedepan…..
Intinya adalah ….. Istirahat bukan berarti berhenti, namun mengumpulkan tenaga untuk perjalanan yang lebih jauh….seperti halnya dalam hidup.. (smoga sahabat tidak megalaminya...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Populer